Macam-Macam Penelitian

Penelitian adalah proses inverstigasi yang dilakukan secara terstruktur dan mendalam. Ada macam-macam penelitian yang perlu diketahui. Hal ini tentunya berguna untuk menentukan macam penelitian yang digunakan untuk permasalahan tertentu.

Jika permasalahan di lapangan, ditemukan yang terkait tentang kebiasaan, adat istiadat, atau fenomena lainnya, maka penelitian kualitatif mungkin sesuai untuk menjawab permasalahan itu. Hal ini juga berlaku untuk jenis penelitian lainnya, yang memiliki dasar untuk pemilihannya.

Perlunya Memahami Macam-Macam Penelitian

Bagian 1

Sebuah permasalahan di lapangan adalah modal utama dalam melakukan penelitian. Permasalahan yang beragam, tentunya tidak dapat diselesaikan jika hanya berpatokan pada satu jenis atau macam penelitian saja.

Lebih jelasnya: Katakanlah Anda menemukan permasalahan lapangan tentang perbandingan. Anda ingin membandingkan perilaku yang satu dengan perilaku yang lainnya. Oleh karenanya, dibutuhkan metodoli penelitian yang dalam praktiknya membandingkan satu dengan yang lainnya.

Hal ini juga berlaku untuk permasalahan yang lainnya, yang mana pada dasarnya setiap permasalahan tentunya membutuhkan tehnik khusus yang sesuai untuk dapat menyelesaikannya.

Karenanya, macam-macam penelitian menjadi bagian yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahuinya, peneliti dapat memperkirakan atau memilih, jenis penelitian mana yang dinilai sesuai untuk diterapkan pada permasalahan lapangan yang ditemuinya.

Kesalahan dalam menentukan jenis penelitian, justru dapat berakibat fatal. Bahkan dalam kondisi tertentu, metodologi suatu jenis penelitian itu tidak dapat diterapkan. Inilah alasan mendasar, mengapa memahami macam-macam penelitian itu menjadi sesuatu yang penting.

Macam-Macam Penelitian

Bagian 2

Bagian ini akan menjelaskan tentang beragam macam penelitian yang umum dilakukan oleh peneliti. Setidaknya, terdapat 4 macam penelitian. Mari kita pelajari uraian ini.

Penelitian Kualitatif

Salah satu dari bagian macam-macam penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian deskriptif, dimana perjalanannya (metodologi) lebih banyak dihabiskan dengan uraian deskriptif terhadap fenomena yang terjadi.

Oleh karenanya, penelitian jenis ini digunakan untuk menggambarkan fenomena, atau menyelesaikan permasalahan lapangan yang berbentuk fenomenologi.

Penelitian Kuantitatif

Macam-macam penelitian selanjutnya adalah penelitian kuantitatif. Penelitian jenis ini, lebih mengedepankan persoalan kausalitas dan hubungan-hubungannya.

Tujuan dari jenis penelitian ini adalah untuk mengembangkan berbagai model-model yang bersifat matematis, memperbaharui teori-teori atau hipotesis yang ada sebelumnya, atau untuk kemudian dijadikan sebagai teori baru.

Penelitian Tindakan Kelas

Bagian macam penelitian selanjutnya, adalah penelitian tindakan kelas. Dalam istilah bahasa Inggris, penelitian tindakan kelas disebut sebagai Classroom Action Research.

Tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki suatu kondisi, keadaan, atau bahkan nilai-nilai dari suatu persoalan.

Jenis penelitian ini termasuk unik, karena peneliti merupakan pemeran utama dalam melaksanakan penelitian ini. Peneliti terlibat langsung dalam upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitiannya.

Penelitian R & D

Macam penelitian lainnya adalah penelitian R & D. R & D merupakan singkatan dari bahasa Inggris, yakni Research and Development, dan lebih sering dikenal sebagai Penelitian & Pengembangan yang biasa disingkat dengan sebutan LITBANG.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji produk tertentu, atau bahkan menciptakan produk dari melalui kajian penelitiannya.

Hal yang mendasar adalah bahwa istilah "Produk" yang dimaksudkan disini, tidak semata-mata menggambarkan alat, melainkan sesuatu yang bersifat tehnik, atau kesifatan lainnya juga termasuk bagian darinya.

Kesimpulan

Penutup

Mengetahui macam-macam penelitian adalah langkah awal sebelum menentukan jenis penelitian mana yang akan digunakan. Tentunya, hal ini disesuaikan dengan temuan masalah di lapangan.

Beberapa macam penelitian antara lain seperti: (1) kualitataif; (2) kuantitatif; (3) tindakan kelas; (4) Research and Development, merupakan bagian-bagian yang dapat diketahui, untuk disesuaikan dengan temuan masalah di lapangan.

Komentar