Cara Memindahkan Soal Dari Word ke Google Form

Halaman ini termasuk pada bagian Google Form for Teacher, yang akan memandu bpk/ibu Guru dalam memindahkan soal dari Word ke Google Form. Mari kita pelajari.

Soal Ujian di Google Form

Google Form sendiri pada dasarnya dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan survey. Maka, orang-orang umumnya menggunakan Google Form sebagai media survey mereka. Tetapi, kebutuhan itu hampir sama dengan penggunaan ujian dalam pendidikan. Dimana disana, membutuhkan soal dan jawaban. Pelajari Cara Membuat Soal Ujian di Google Form.

Data yang dihasilkan juga terekam dengan baik, disertai dengan visualisasi data yang memanjakan pengguna.

Secara umum, Google Form meminta pengguna untuk menuliskan soal beserta pilihan jawaban. Namun, bagaimana bila soal yang ada itu berjumlah lebih banyak, dan tersimpan pada ekstensi file lain seperti Word?

Oleh karena itu, informasi tentang cara memindahkan soal dari Word ke Google Form tentunya dibutuhkan. Itulah yang akan muncul pada bagian berikutnya.

Cara Memindahkan Soal Dari Word ke Google Form

Jika Anda memiliki soal yang telah tersedia dalam File khusus seperti .doc (Word), maka Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke Google Form.

Beberapa tahapan yang akan Anda lewati seperti:

  • Memindahkan Word ke Google Docs;
  • Menginstal Add Ons
  • Mengimport Soal

Mari kita mulai.

  1. Pindahkan Soal Word Anda ke Google Docs Jika Anda bekerja dengan Aplikasi Microsoft Word, maka Anda perlu memindahkan itu ke Google Docs. Keduanya memiliki perbedaan (meski mereka sama-sama tergolong software pengolah huruf). Abaikan tahapan ini, bila Anda bekerja dengan Google Docs. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan, adalah:
    • Buka Google Docs
    • Upload File Dokumen Word di Google Docs. Atau bisa dengan menyalin semua teks dari Ms. Word ke Google Docs
    • Lengkapi nama file, agar memudahkan pencarian
    Sekarang, file .docs Anda telah tersimpan. Pastikan Anda mengetahui letaknya, karena file inilah yang nantinya akan digunakan untuk import di Google Form.
  2. Instal Add-On Form Builder Sekarang, kita beralih ke Google Form, tempat dimana import soal akan dilakukan. Pastikan semua data Google Form telah dituliskan (untuk menghindari hal yang tidak diinginkan), seperti nama file, Judul, deskripsi, dan lain sebagainya. Di lembar kerja Google Form Anda, pilih menu Dot Vertical ( ). Kemudian pilih menu Add-On. Tangkapan layar ini mungkin membantu:
    Letak menu Add-on Google Form
    Setelah itu, kotak dialog akan muncul. Lakukan pencarian dengan istilah "Form Builder". Instal dan setujui semua permintaan akses yang muncul.
    Add-on Form Builder Google Form
    Jika Add-on telah muncul, maka pekerjaan penginstalan Anda telah selesai. Lihat tangkapan layar ini:
    Menu Add On Muncul di Google Form
    Langkah selanjutnya, melakukan import File Word Anda. Mari kita teruskan.
  3. Import Soal Dari Word ke Google Form Jalankan Add-on Form Builder yang sebelumnya telah terinstal di Google Form.
    Menjalankan Form Builder di Google Form
    Di pengaturan Form Builder, sesuaikan Form jenis Google Docs. Itu akan meminta Anda, untuk memilih File Docs yang tersimpan di Google Drive (telah dibuat sebelumnya). Pilih Dokumen soal yang diinginkan.
    Pilih dokumen untuk memindahkan soal dari word ke google form
    Disana, Anda juga dapat menentukan Soal-Soal mana saja yang diimport ke Google Form. Secara default, semua teks yang berhasil di-generate sebagai soal, akan dipilih untuk di upload ke Google Form. Tekan tombol Preview, untuk melihat hasil sementara.
    memilih-soal-dalam-pembahasan-cara-memindahkan-soal-dari-word-ke-google-form
    Setelah semua pekerjaan selesai, tekan tombol Import untuk menyelesaikan Import Anda. Pastikan semua soal telah di-import dengan baik di Google Form. Bila ditemukan kesalahan (biasanya minim), lakukan perbaikan.

Kesimpulan

Memindahkan Soal dari Word ke Google Form membutuhkan tambahan dari layanan pihak ketiga, agar dapat bekerja dengan baik. Secara umum, langkah yang akan dilalui seperti: Google Docs » Instal Add-on » Impor Soal.

Ini dilakukan oleh mesin, dengan pengkondisian tertentu. Oleh sebab itu, memperhatikan hasil impor adalah suatu keharusan, agar semua berjalan dengan baik.

Bila Anda menemui masalah, jangan sungkan menuliskan itu di dalam kolom komentar sekarang.

Komentar